Memang Nyaman, Tapi Terlalu Lama Pakai Sandal Jepit Juga Ada Risikonya



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Karena alasan nyaman dan santai, banyak orang betah memakai sandal jepit, bahkan dalam jangka waktu yang lama. Bukan tanpa risiko, kebiasaan seperti ini juga ada dampaknya bagi kesehatan kaki.

Seperti disampaikan oleh ahli terapi fisik di Peak Performance, New York, Doug Kechijian, bahwa bila Anda memakai sandal jepit, tanpa disadari Anda harus sedikit mengepalkan jari-jari kaki Anda untuk menjepit ujung sandal agar tetap terpasang. Menurut Kechijian, ini bukanlah posisi alami kaki.

"Coba buka sepatu Anda dan lihat sendiri. Saat berjalan tanpa menggunakan alas kaki, terlihat posisi alami kaki. Sementara saat Anda mengepalkan ujung jari kaki seperti saat sedang memakai sandal, perbedaannya akan terlihat," tutur Kechijian, seperti dikutip dari Woman's Health Mag, Rabu (25/5/2016).

Ia melanjutkan, ketegangan yang terus-menerus terjadi ini lama-kelamaan dapat mengubah gaya berjalan. Pada akhirnya bahkan dapat menyebabkan masalah otot di kaki dan betis.

"Salah satu risikonya yakni plantar fasciitis, terutama saat Anda berlari. Mereka yang mengidap kondisi ini akan merasakan nyeri tajam di bawah tumit pada setiap langkahnya," imbuh Kechijian.

Bahkan pada kasus ekstrem, pemakaian sandal jepit yang terlalu lama dan sering bahkan mungkin bisa menyebabkan munculnya masalah bawah tubuh lain seperti sakit lutut.

Namun Kechijian mengingatkan, efek negatif ini tidak akan muncul jika Anda menggunakan sandal jepit ini hanya sebentar, misalnya beberapa menit saja. Risiko ini juga minim jika Anda menggunakan sandal, sambil sesekali melepasnya.

"Jika Anda harus berjalan jauh dan lama, Anda lebih baik menggunakan sepatu biasa. Atau pilihlah sandal yang tidak mengharuskan jari kaki Anda untuk menjepit," ujar Kechijian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah