Light Rider, Motor Ringan Buatan Airbus Seharga Rp764 Juta



Rifan Financindo Berjangka - Tak hanya memproduksi pesawat, Airbus, melalui anak perusahaannya di Jerman, APWorks, membuat kendaraan darat. APWorks membuat sepeda motor berbobot sangat ringan, yakni hanya 40 kilogram.
Bisa sangat ringan karena kendaraan tersebut dibuat dari bahan aluminium alloy dan dibentuk menggunakan printer tiga dimensi (3D). Motor yang diberi nama Light Rider itu diperkenalkan di Jerman pada Jumat pekan lalu. Demikian seperti dikutip dari AP.
Kendaraan tersebut sangat sederhana. Sekilas bentuknya hanya terdiri dari kerangka berbentuk pipa yang didesain dengan banyak rongga. Desain seperti ini turut berkontribusi dalam membuat ringan bobot motor.
Berat kerangkanya saja sekira 7 kilogram atau 30 persen lebih ringan dari sepeda motor konvensional.
Cheif Executive Officer APWorks Joachim Zettler mengatakan, membuat motor dengan rangka berongga tidak mungkin bisa dilakukan dengan teknologi konvensional yang menggunakan cara pengelasan.
APWorks membuat Light Rider sebanyak 50 unit untuk memenuhi pemesanan. Banderol per unitnya lumayan menguras kantong, yakni 50 ribu euro atau sekira Rp764 juta. Deposit untuk pemesanan yakni 2.000 euro.
Motor bertenaga listrik ini bisa melaju hingga kecepatam 80 kilometer per jam. Light Rider mampu menempuh jarak 60 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah