KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Ketahui 5 Kondisi Rongga Mulut pada Pasien Diabetes

Share this history on :



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Diabetes juga memiliki komplikasi pada rongga mulut. Tidak selalu seperti yang kita kira selama ini, komplikasi diabetes hanya terjadi di mata, ginjal, dan jantung.

1. Risiko gigi berlubang pada pengidap diabetes (diabetesi) meningkat lantaran jumlah air ludah berkurang gara-gara rutin mengonsumsi obat diabetes.Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut dari Difa Oral Health Center, drg Widya Apsari membeberkan lima hal yang harus kita tahu tentang diabetes dan kondisi rongga mulut dikutip dari situs resmi DOHC yang ditulis langsung oleh dia sendiri pada Rabu (18/5/2016)

2. Diabetesi juga rentan mengalami periodontis atau kerusakan jaringan penyangga gigi, yang membuat gigi tanggal secara spontan. Ya, karena diabetes meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada tulang, termasuk tulang rahang.
3. Penurunan ketahanan mukosa (kulit) di dalam rongga mulut, sehingga mudah terkena infeksi jamur dan bakteri pada rongga mulut.
4. Diabetesi mengalami kondisi luka yang sulit sembuh. Umum terjadi setelah melakukan pencabutan gigi.
5. Perubahan atau berkurangnya indera pengecapan pada lidah sehingga pasien diabetes cenderung menambahkan garam pada makanannya. Tak heran bila terjadi peningkatan risiko penyakit jantung.
Ia juga mengatakan, ada beberapa hal yang harus diingat. Lima kondisi ini dapat dijadikan sebagai petunjuk diagnosa penyakit diabetes melalui pemeriksaan rongga mulut oleh dokter gigi, sehingga dokter gigi dapat mengarahkan untuk memeriksakan kadar gula darah untuk diagnosa dini dari diabetes.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.