Kenali, Gejala-gejala Hipotiroid dan Hipertiroid



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Benjolan di leher dan gejala seperti demam dan mudah sakit umumnya adalah indikator seseorang mengidap gangguan tiroid. Meskipun, ada pula gejala lain yang mudah terlihat pada orang-orang dengan gangguan tiroid.

Dijelaskan dr Imam Subekti, SpPD, KEMD dari divisi metabolik endokrin RS Cipto Mangunkusumo, gejala dini yang paling sering dialami orang dengan gangguan tiroid yakni terdapat benjolan. Munculnya benjolan ini dikatakan dr Imam bisa jadi pertanda hipertiroid, hipotiroid, sampai kanker. Sedangkan, gejala kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid misalnya, yakni jantung yang berdebar-debar.

"Gejala lain dari hipertiroid di antaranya badan terasa panas dan berat badan turun padahal makannya banyak. Yang lain, buang air besar menjadi lebih sering, karena gerak peristaltik meningkat. Secara emosi penyandang hipertiroidisme ini cepat tersinggung. Hal yang menurut orang lain tidak mengganggu, bagi orang dengan hipertiroid bisa mengganggu," ungkap dr Imam.

Hal itu disampaikan dr Imam di sela-sela konferensi pers 'Waspada Gangguan Tiroid', di Grand Cempaka Hotel, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Lebih lanjut, dr Imam mengatakan sebaliknya, pada orang dengan hipotiroid bisa muncul reaksi kognitif yang melambat, berat badan bertambah, serta bengkak pada bagian bibir, wajah, dan bagian lainnya. 

"Orang yang hipertiroid juga akan susah buang air besar. Maka dari itu segera berobat. Kadang tidak ada benjolan tapi sudah mengeluhkan, hal- hal yang seperti itu merupakan warning dari tubuh. Jangan jangan ada gangguan tiroid," ujar dr Imam.

Selain itu, gangguan tiroid bisa juga muncul tanpa gejala. Bahkan, gangguan tiroid yang tanpa gejala dan cenderung diabaikan bisa berpotensi menjadi kanker. dr Imam mengatakan, pada dasarnya gangguan tiroid jenisnya macam-macam. Mulai dari yang tidak bergejala sampai menunjukkan gejala ekstrem. Misalnya, berupa timbulnya benjolan di leher, atau bahkan tidak ada benjolan sama sekali.

"Ada juga yang tidak bergejala dan hanya timbul benjolan, ini mungkin ada risiko kanker tiroid sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Namun, jika benjolan kanker sudah membesar biasanya tetap akan membuat gangguan mekanik pada sekitar daerah kelenjar tiroid," tutur dr Imam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah