KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Ini Bedanya Derawan dengan Raja Ampat

Share this history on :



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Kepulauan Derawan dan Raja Ampat selalu dibanding-bandingkan kecantikan pantai, laut dan bawah airnya. Tahukah Anda, ada banyak perbedaan pada kedua tempat yang disebut 'surga' itu.

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sedangkan Raja Ampat berada di Provinsi Papua Barat. Bagi traveler penikmat pantai dan dunia bawah laut, dua destinasi tersebutlah tempatnya.

Kadang, beberapa orang menyebut Kepulauan Derawan ada di nomor 2 sebagai 'surga Indonesia' dan masih kalah dari Raja Ampat. Tapi sebenarnya, janganlah membandingkan kedua destinasi itu karena tipenya berbeda.

"Jangan membandingkan Derawan dengan Raja Ampat. Memang sama-sama pantai dan laut, tapi karateristik keduanya berbeda," tutur Fitra, pemandu lokal Derawan Paradise kepada detikTravel di Derawan Dive Resort, pekan lalu.

Apa bedanya Derawan dan Raja Ampat? Yang pertama, menurut Fitra adalah gugusan pulau karang. Di Raja Ampat, hal itu mudah ditemukan apalagi terdapat tiga titik yakni Kabui, Painemu dan Wayag yang merupakan kawasan gugusan pulau karang yang luas.

Gugusan pulau karang di Raja Ampat 

Pulau Maratua di Kepulauan Derawan crystal water yang menggoda 

"Di Derawan, tidak ada gugusan pulau karang. Walau begitu, kejernihan air di Derawan yang disebut turis crystal water tak kalah mengagumkan," ungkap Fitra.

Kedua adalah soal penyu. Kepulauan Derawan merupakan habitat penyu hijau yang mana mudah sekali menemukan satwa menggemaskan ini. Saat naik boat di Pulau Derawan atau Maratua, layangkan pandangan ke lautan. Pasti, ada satu atau dua ekor penyu melintas.

"Di sini penyu kayak kucing, banyak banget," celetuk Fitra.

Dunia bawah laut antara Derawan dan Raja Ampat pun berbeda. Di Raja Ampat, hewan bawah lautnya lebih beragam dan bisa ditemui di kedalaman belasan meter, seperti hiu karpet di kedalaman 20 meter.

Hiu karpet, penunggu bawah laut Raja Ampat (Istimewa/Albert)

Penyu hijau di Derawan 

"Kalau di sini di Pulau Sangalaki namanya, ada spot diving Manta Parade. Itu kita bisa lihat ikan manta dari atas kapal, nggak usah nyelam seperti di Raja Ampat. Ada banyak banget mantanya bisa ratusan," papar Fitra.

Jika kita daftarkan destinasi-destinasi di Kepulauan Derawan, di sana terdapat Pulau Maratua yang disebut mirip Maladewa, Pulau Kakaban yang memiliki ubur-ubur tak menyengat dan Pulau Derawan yang terkenal sebagai tempat melihat penyu. Sedangkan Raja Ampat, Wayag merupakan gugusan pulau karang eksotis, Sawing Rai tempat melihat burung cendrawasih dan Arborek terkenal dengan tempatnya ikan manta. Masing-masing memang punya daya tarik tersendiri.

Meski banyak perbedaan, baik Derawan atau Raja Ampat pantas menyendang sebutan sebagai tempat liburan terbaik di Indonesia. Jalan-jalan ke sana, dijamin enggan pulang.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.