Ekuador Kembali Diguncang Gempa, Kini Berkekuatan 6,8 SR



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Dalam kurang dari 24 jam, Ekuador diguncang gempa berkekuatan besar. Gempa yang kedua berkekuatan 6,8 SR dan berpusat di barat laut kota Quito. 

Dilansir Reuters, Kamis (18/5/2016), gempa ini awalnya disebut berkekuatan 6,9 SR tapi kemudian USGS merevisinya menjadi 6,8 SR. Pusatnya adalah 82 km dari kawasan Andean. 

Foto: REUTERS/Kevin Granja
Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,7 SR mengguncang pesisir Pasifik di Ekuador. Akibatnya, kerusakan ringan terjadi di kawasan yang pernah diguncang gempa 7.8 SR bulan lalu ini. 

Gempa yang pertama ini mengakibatkan listrik padam di kawasan pesisir dan warga berlarian. Presiden Ekuador Rafael Correa mengatakan bahwa pusat gempa pertama adalah di desa nelayang yang ada di pesisir pantai. 

"Ada yang mengalami luka ringan karena warga berlarian atau menabrak sesuatu," kata Correa dalam pernyataannya. 

Foto: REUTERS/Kevin Granja


Tidak ada peringatan tsunami dari dua gempa ini. Gempa kedua terjadi saat siang hari. 

Gempa bumi besar yang mengguncang Ekuador pada April lalu, tercatat sebagai gempa terparah di negara tersebut, dalam tujuh dekade terakhir. Gempa itu meratakan ribuan gedung dan rumah warga yang ada di sepanjang pantai barat Ekuador, juga merusak jalanan. Sekitar 16.600 orang lainnya luka-luka akibat gempa yang memicu kerugian hingga US$ 2 miliar tersebut. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

Wall Street Anjlok Tersengat Memanasnya Ketegangan Rusia-Ukraina

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK