Batasi Asupan Garam demi Cegah Hipertensi



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Gaya hidup tidak sehat jadi salah satu faktor penyebab hadirnyahipertensi atau tekanan darah tinggi. Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Ismoyo Sunu konsumsi garam berlebih menyumbang penyebab terbesar terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi pada seseorang.

"Asupan garam lebih dari dua gram atau sekitar satu sendok teh per hari erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi," tutur dokter Ismoyo dalam peringatan Hari Hipertensi Sedunia di Jakarta.

"Di antara hal-hal tersebut memang ada korelasi, namun perlu diingat penyebab hipertensi itu multifaktorial, tidak bisa satu penyebabnya," tutur dokter yang berpaktik di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita ini.Lalu, orang dengan gangguan metabolik seperti obesitas, bila tidak dikendalikan bisa juga menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Lalu, pasien yang dengan kadar gula tinggi, belum mencapai diabetes, juga bisa menjadi penyebab tekanan darah menjadi tinggi.


Oleh karena itu masyarakat pada Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh setiap 17 Mei diajak untuk mengadopsi gaya hidup sehat guna mencegah dan mengontrol hipertensi. Caranyanya dengan:

1. Gizi seimbang dan pembatasan gula, garam, dan lemak.
2. Mempertahankan berat badan dan lingkar pinggang ideal.
3. Gaya hidup aktif atau olahraga secara teratur.
4. Stop merokok
5. Membatasi konsumsi alkohol bagi peminum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah