KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Tak Sembarang WNA Boleh Punya Rumah di RI

Share this history on :

Rifan Financindo Berjangka Semarang - Pemerintah baru saja mengeluarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Nomor 13 tahun 2016, tentang Tata Cara Pemberian, Pelepasan atau Pengalihan Hak Atas Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia.

WNA pemegang izin tinggal di Indonesia dapat memiliki rumah atau hunian, berupa rumah tunggal hingga satuan rumah susun. Tapi jangan salah, tak sembarang WNA pemegang izin tinggal bisa punya rumah dengan mudah.

"Aturan ini diterbitkan sebagai insentif bagi mereka yang berinvestasi di Indonesia. Kalau nggak berinvestasi ya nggak bisa," ujar Menteri ATR/Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan,  ditemui di kantornya, Selasa (19/4/2016).

Investasi yang dimaksud, lanjut Ferry, bukan investasi properti seperti jual beli unit properti yang kemudian dijual kembali atau disewakan. Melainkan investasi langsung pengembangan infrastruktur di Indonesia.

"Misalnya dia WNA ada investasi pengembangan kawasan wisata. Nah itu kita fasilitasi supaya lebih mudah punya rumah di Indonesia. Atau dia investasi bangun smelter, atau pabrik pengolahan yang bisa menyerap tenaga kerja kita. WNA seperti itu yang kita fasilitasi dengan Permen ini," jelas Ferry.

"Jadi bukan WNA yang nggak punya kepentingan apa-apa. Sekedar ingin punya rumah untuk disewakan kembali. Bukan WNA yang seperti itu. Tapi WNA yang benar-benar berinvestasi di Indonesia," sambung dia.

Adapun syarat-syarat umum lain yang harus dipenuhi, kata Ferry, sangat mudah yakni cukup memiliki Izin Tinggal Tetap atau Izin Tinggal Sementara.

"Keterangan apakah WNA itu masih atau sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemegang hak karena meninggalkan Indonesia atau tidak lagi mempunyai izin tinggal, itu yang mengeluarkan dari Kementerian KumHAM (Hukum dan Hak Asasi Manusia). Jadi tata cara kepemilikannya sudah saya buat lengkap," pungkas dia.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.