KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Spot Dibuka Menguat 20 Poin Ke 13.094

Share this history on :



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Bloomberg Dollar Index mengemukakan rupiah dibuka menguat 0,16% atau 21 poin ke Rp13.094/US$.

Pada perdagangan Selasa (12/4/2016) rupiah ditutup menguat 19 poin atau 0,14% ke Rp13.115/US$.

Isi catatan FOMC yang bernada dovish, masih direspons pasar uang sehingga terjadi pelemahan indeks dolar AS yang berkelanjutan.

Indeks dolar semakin tertekan dengan penguatan harga sejumlah komoditas, karena terkerek penguatan harga minyak mentah dunia yang naik secara signifikan menjelang pertemuan produsen minyak di Doha.

Lembaga Dana Moneter Internasional kembali memangkas outlook pertumbuhan ekonomi global untuk 2017 menjadi 3,5%, menyusul pelambatan ekonomi China serta lemahnya harga minyak di negara berkembang seperti Brazil.

Dalam laporan terakhir World Economic Outlook IMF seperti dilansir Reuters pada Selasa (12/4/2016) dini hari, angka perkiraan tersebut lebih rendah 0,1% dibandingkan dengan pada Januari.

IMF juga memperkirakan pertumbuhan global tahun ini akan berada di angka 3,2%, turun dari perkiraan 3,4% pada Januari.

Selain pelambatan China dan harga minyak, laporan tersebut juga menggarisbawahi pelemahan ekonomi berkelanjutan di Jepang, Eropa, dan AS.

Maurice Obtsfeld, Kepala Ekonom IMF, mengatakan secara singkat, pertumbuhan yang lebih rendah berarti lebih sedikit ruang untuk toleransi kesalahan.

“Efek dari pertumbuhan yang kurang kuat dapat melemahkan permintaan, mengurangi lapangan kerja, dan memangkas potensi hasil produksi lebih jauh, menciptakan skenari stagnasi sekuler,” ujarnya seperti dikutip Reuters, Rabu (13/4/2016).

Laporan IMF tersebut juga memangkas perkiraan pertumbuhan 2016 untuk Jepang menjadi 0,5%, AS menjadi 2,4%.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.