KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Jiajia, Robot Cantik dan Interaktif dari Tiongkok

Share this history on :


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Sebuah robot cantik kembali diperkenalkan pada publik luas. Kali ini giliran kelompok peneliti dari University of Scienceand Technology of China (UTSC) yang mengembangkan sebuah robot bernama Jiajia.

Jiajia dikembangkan sebagai robot yang didesain secara khusus menyerupai manusia dan dapat berinteraksi secara langsung dengan manusia. Bahkan, Jiajia juga diprogram untuk dapat berbicara dengan nada dan bahasa yang disesuaikan.

Namun, dari sisi teknologi Jiajia sebenarnya tidak memperkenalkan hal baru pada bidang robotik. Para pengembang Jiajia hanya fokus pada usaha membuat robot yang patuh pada pemiliknya.

Chen Xiaoping, direktur di USTC yang juga mengembangkan Jiajia menuturkan, butuh waktu sekitar tiga tahun untuk penelitian dan pengembangan agar membuat tingkah lakunya begitu nyata. Mulai dari gerakan bibir dan tubuh, sampai ekspresi wajahnya.

Chen mengatakan, salah satu pembeda Jiajia dengan robot lain adalah ia mampu memutar matanya secara alami dan menggerakan bibirnya sesuai kata-kata yang diucapkan. Selain itu, Jiajia juga didesain dengan tubuh yang sangat menyerupai manusia.

"Kami berharap dapat mengembangkan robot yang memiliki kemampuan belajar," ujar Chen, seperti dikutip dari laman Tech Times, Senin (18/4/2016). Sayangnya, sampai saat ini Jiajia belum mampu menunjukkan bentuk emosi, seperti tertawa atau pun menangis. Oleh sebab itu, Chen menuturkan pihaknya masih terus bekerja untuk memberikan kemampuan itu pada Jiajia.


Salah satunya yang akan dilakukan adalah kemampuan mengenali ekspresi wajah dan membuat interaksi yang lebih baik dengan orang lain.

Jiajia sendiri bukanlah robot wanita pertama yang diperkenalkan pada publik. Sebelumnya, publik Hong Kong telah diperkenalkan robot wanita yang juga memiliki tampilan layaknya manusia.

Adalah Ricky Ma yang berhasil membuat robot dengan wajah mirip Scarlett Johansson dan memperkenalkannya pada publik beberapa waktu lalu. Ada pula robot mirip Kelly Chen yang dibuat Ma pada 2010.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.