KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Fitur-fitur yang Bisa Dipakai Korban Kekerasan via Aplikasi Help

Share this history on :


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di Indonesia menjadi isu serius. Melihat hal itu, Kedubes AS menghadirkan sebuah solusi dengan memperkenalkan aplikasi emergency call bernama “Help”.

Help merupakan aplikasi yang bisa digunakan korban kekerasan kala mereka mengalami tindak kekerasan di mana pun dan kapan pun. Dian Ernawati, salah satu founder Help, mengatakan ada sejumlah fitur bantuan yang bisa digunakan korban dalam keadaan darurat.

Dalam sesi presentasi terbatas yang diadakan di At America Pacific Place, Jakarta. Dian membeberkan fitur-fitur yang bisa membantu para korban kekerasan.


“Ketika pertama kali membuka aplikasi ini, tampilan yang terpampang adalah maps(peta). Maps ini akan menunjukkan lokasi di mana Anda berada lewat GPS. Akan ada ikon yang kami sebut ‘circle of help’ yang menandakan tempat (kantor polisi, rumah sakit, NGO) yang bisa membantu Anda. Kami sertakan juga nomor telepon, alamat dan jenis pelayanan yang bisa dimanfaatkan,” ujar Dian mengawali penjelasannya.

Dian melanjutkan, pengembang aplikasi juga menyediakan ‘shortcut’ yang bisa mengantarkan korban ke layanan terdekat hanya dengan mengeklik ikon yang diinginkan. Jika korban mengeklik ikon rumah sakit, akan tersedia ikon rumah sakit di peta lokasi korban, mulai dari yang terdekat hingga paling jauh sekalipun.

Selain itu, Dian juga mengungkap fitur emergency button. “Kita ada empat emergency button dengan masing-masing fungsi yang berbeda,” tutur Dian.

Pertama adalah hotline, yang memungkinkan korban bisa langsung menelepon mitra Help. “Untuk saat ini, kita bermitra dengan Polri, Kemenkes, Komnas Perempuan, KPPA, dan Kemensos,” kata Dian.

Berikutnya adalah buzz button yang memungkinkan korban bisa menghubungi immediate network seperti kerabat keluarga terdekat. “Immediate network di sini adalah kerabat keluarga dan teman terdekat. Nanti, ketika pertama kali mendaftar Help, pengguna harus mendaftarkan setidaknya lima kontak nomor telepon,” ujar Dian menerangkan.

“Lewat fitur ini, korban bisa langsung mengabari kelima kontak tersebut. Misal, korban sedang berada di dalam taksi yang menurutnya mencurigakan, ia bisa menggunakan fitur ini. Tinggal foto taksinya, kirim via immediate network, maka kerabat keluarga korban akan mengetahui lokasi persis di mana korban berada pada saat itu,” tutur Dian.

Selain itu ada juga fitur ’110’ yang diketahui merupakan fitur panggilan langsung ke kantor polisi dan fitur SOS. Fitur terakhir yang disebutkan adalah fitur andalan aplikasi Help. Dian menjabarkan, fitur tersebut mampu merekam 10 detik pertama serta capture lokasi saat tindak kekerasan berlangsung dan akan dikirim ke lima kontak kerabat keluarga terdekat
.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.