Browser yang Aman untuk Anak-anak




Rifan Financindo Berjangka Semarang - Internet bisa menjadi tempat bermain yang bermanfaat bagi anak, tapi di lain sisi bisa juga menjadi mimpi buruk baginya dan orangtua jika tidak digunakan secara bijak. Anak mungkin saja tidak sengaja mengakses situs yang kontennya belum pantas ia lihat, dengan mengklik foto atau link yang mereka dapat di mesin pencari.

Di usia 4-7 tahun, anak biasanya mulai tertarik melakukan eksplorasi sendiri. Peran orangtua di sini sangat penting untuk mendampingi ketika anak menggunakan internet. Pada usia ini orangtua harus mempertimbangkan untuk memberikan batasan-batasan situs yang boleh dikunjungi.

Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan search engine atau browser khusus anak sebagai situs wajib yang dibuka anak saat ia pertama kali terhubung dengan internet. Intinya adalah bagaimana mereka bisa mengeksplorasi internet dan mengunjungi website yang bermanfaat.

Browser anak secara umum telah dirancang untuk semaksimal mungkin menyaring berbagai situs, gambar atau teks yang tidak layak diterima anak. Browser anak juga didesain dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan oleh anak. Berikut beberapa contoh browser anak yang aman digunakan.

Zoodles (www.zoodles.com)

Zoodles adalah salah satu tempat bermain yang aman bagi anak untuk belajar dan bereksplorasi sesuatu. Ada banyak konten bermanfaat yang bisa didapat anak di sini seperti game-game edukasi, video dengan berbagai topik menarik seperti dinosaurus, belajar berhitung dan sebagainya, serta buku-buku yang interaktif.

Di sini orangtua juga melihat situs dan subjek apa saya yang sering anak cari. Zoodles bisa digunakan untuk PC, Mac dan Android. Untuk versi iOS, iPhone dan iPad, saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Kidoz (www.kidoz.net)

Gadget kita terkadang sering dimainin anak. Ia bisa saja melihat konten-konten yang sering Anda akses di YouTube, atau membuka browser dan mengklik situs terakhir yang Anda buka. Dengan Kidoz, gadget Anda akan aman untuk digunakan anak.

Anak hanya bisa mengakses konten edukasi dan hiburan yang sesuai dengan umurnya, bermain game, menonton video edukasi, mewarnai hingga belajar menggunakan kamera yang child-friendly. Tapi mereka tidak akan bisa mengakses data atau mengubah-ubah settingan ponsel Anda. Di Kidoz ada fitur Parental Control, sehingga orangtua bisa membatasi waktu anak mengakses konten di internet. Kidoz tersedia untuk Android dan iOS.

Zilladog

Jika ingin memperkenalkan penggunaan email pertama kali ke anak Anda, Anda bisa menggunakan Zilladog. Ini adalah layanan email yang dirancang untuk anak-anak.

Orangtua bisa menyalin semua pesan yang masuk dan keluar. Anak hanya akan menerima email dari daftar temannya yang telah Anda approve saja. Anak juga bisa bermain game online, dari berbagai website seperti Club Penguin, Disney, Neopets, Cartoon Network, Pokemon, dan Nickelodeon.

Selain ketiga browser di atas, browser anak lain yang bisa dicoba adalah BuddyBrowser, KidRocket, KidZui, atau Kiddle -- mesin pencari khusus anak-anak yang dikembangkan oleh Google.

Patut diingat, semua aplikasi di atas hanyalah sebagai alat bantu saja, tidak dapat 100% menghalau atau mencegah konten/hal negatif. Peran orangtua dalam membimbing dan mengawasi anak saat menggunakan gadget dan internet sangat diperlukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah