KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

8 Cara Mengelola Gaji Dengan Bijak

Share this history on :


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Puncak kebahagiaan para karyawan dalam bekerja tentunya ada pada saat-saat penerimaan gaji. Selain senang karena mendapatkan uang, rasanya bangga sekali melihat hasil kerja dihargai oleh perusahaan.

Tahu sedang memiliki banyak uang, sebagian besar orang pasti mulai tidak sabar ingin menghabiskan uangnya untuk bersenang-senang. Entah itu makan di restoran atau kafe bersama teman, nonton ke bioskop, beli gadget, dan pakaian baru hingga jalan-jalan ke tempat yang selama ini ingin dituju. Akibatnya, karena memenuhi semua keinginan itu, belum sampai akhir bulan gajimu sudah habis.

Untuk itu, agar acara kehabisan uang semacam ini tidak menimpamu kembali, berikut beberapa cara mengelola gaji yang sangat bagus untuk kamu terapkan sekarang juga!

1. Belajar Mengendalikan Diri

Pertama-tama, belajar menahan diri. Setiap baru menerima uang gaji, jangan pernah merasa tajir, hingga tanpa pikir panjang langsung berfoya-foya layaknya orang kaya. Daripada menguras uang dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, coba tanamkan dalam pikiranmu bahwa masih banyak lagi kebutuhan yang harus dibayar setiap bulannya.

2. Buat Anggaran Bulanan

Sebelum menerima notifikasi gaji, beberapa hari sebelumnya buatlah anggaran bulanan, yang mencatat apa-apa saja kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Melalui metode ini dijamin rencanamu menabung bisa berjalan dengan sukses.

Menyusun anggaran bulanan merupakan cara jitu untuk mengendalikan diri dari sikap konsumtif. Daripada itu, membentuk anggaran keuangan semacam ini, bisa membuatmu lebih berhemat dan bisa menabung.

3. Tetapkan Target Pengeluaran Mingguan

Kalau ternyata anggaran keuangan yang kamu susun belum cukup juga untuk mengendalikan sikap foya-foyamu. Maka buatlah target pengeluaran setiap minggunya. Untuk ini, kamu diharuskan membawa uang yang besarnya sesuai dengan kebutuhan selama seminggu. Dengan begini, kamu tak perlu bolak-balik ke ATM hanya untuk menarik uang.

Menetapkan target pengeluaran mingguan sangat membantumu untuk semakin hemat, serta lebih mengendalikan diri dalam melakukan pengeluaran.

4. Hindari Godaan untuk Kredit Barang

Kalau ingin keuanganmu senantiasa aman, maka kamu harus menghindari cicilan barang-barang yang memiliki beban. Jika ditawarkan barang-barang yang sifatnya tidak terlalu perlu, coba tolak semua godaan tersebut apalagi sampai membelinya dengan cara kredit.

Metode pengendalian diri ini sangat ampuh agar kamu tidak boros atau menghabiskan uang sebelum akhir bulan. Jika kamu memang berniat untuk mengambil cicilan, upayakan apa yang sedang kamu butuhkan benar-benar penting dan diperlukan. Selain itu, sesuaikan juga anggarannya serta bunga yang ditawarkan haruslah bernilai rendah.

5. Sisihkan Uang untuk Keperluan Orang Tua

Berhemat jangan hanya berpatokan untuk diri sendiri saja, melainkan juga orang tua. Pikirkan nasib mereka saat sudah menginjak usia senja, di saat-saat itu, selalu ada kemungkinan buruk yang kamu harus selalu siap untuk mengantisipasinya. Oleh karenanya, ketika menerima gaji sisihkan uangmu sebesar 20% atau lebih untuk dialokasikan ke tabungan orang tua.

Dengan begini, ketika nantinya orangtuamu sakit, kamu sudah punya cukup dana untuk membiayai pengobatan mereka.

6. Buat Skema Belanja yang Jelas dan Teratur

Mengingat kamu juga perlu memberi penghargaan pada diri sendiri setelah bekerja keras selama satu bulan. Sepertinya sedikit berfoya-foya juga boleh. Lagipula ini juga bisa membuatmu selalu bersemangat dalam bekerja.

Akan tetapi ingat, harus ada pengendalian juga dalam melakukannya. Agar proses foya-foyamu tetap terkendali, buatlah skema belanja yang jelas dan terencana.

Misalnya:
  • Bulan Januari: Rp 300.000 untuk makan di restoran atau kafe mahal
  • Bulan Februari: Rp 300.000 untuk membeli gadget dan pakaian baru
  • Bulan Maret: Rp 300.000 untuk mengganti kendaraan
7. Buat Rekening Khusus untuk Menabung

Di samping rekening untuk penerimaan gaji, buat rekening lainnya yang berfungsi untuk membantu mengelola uang. Untuk ini, upayakan pilih bank yang menawarkan biaya potongan administrasi rendah, serta tak perlu membuat kartu ATM. 

Tanpa potongan bulanan yang besar, jumlah uang yang kamu tabung bisa bertahan dengan nominal aslinya dalam waktu yang lama. Sedangkan fasilitas tanpa kartu ATM, dimaksudkan untuk mengendalikanmu agar tidak sewaktu-waktu menarik uang tabungan.

8. Berteman Dengan Orang-orang yang Memiliki Gaya Hidup Sederhana

Cara ini sangat ampuh, mudah dan tepat, untuk mengendalikan pengeluaran. Berteman dengan mereka-mereka yang cerdas dalam mengelola keuangannya serta senantiasa bergaya hidup sederhana, sangat membantu untuk mengendalikan dirimu dari sifat konsumtif. Daripada itu, kamu juga bisa membangun kebiasaan positif yang sama dengan mereka, untuk selalu menerapkan gaya hidup yang sederhana.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.