Sampai Kapan Pilkada di Lima Daerah Ditunda?


Rifan Financindo Berjangka - Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan pelaksanaan pilkada di lima daerah resmi ditunda. Penundaan ini diumumkan dalam rapat pleno yang baru selesai dilakukan pada Selasa (8/12/2015) malam atau beberapa jam saja menjelang pelaksanaan pilkada serentak.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Fery Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan KPU memang belum menentukan jangka waktu penundaan itu. Namun, KPU menargetkan agar penundaan dilakukan sampai akhir Desember 2015 atau paling telat pada Januari 2016.

Terkait teknis pelaksanaannya, Fery mengatakan hal tersebut tergantung keputusan akhir perkara ini. (Baca: KPU Tunda Pilkada Serentak di Lima Wilayah)
Jika perkara di lima wilayah bisa berakhir berbarengan, bisa saja pilkada di lima wilayah dilakukan serentak.

Fery mengungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada KPU. (Baca: Gugatan Pasangan Ujang-Jawawi Dikabulkan, Pilkada Kalteng Berpeluang Ditunda)

"Kami sudah berkoordinasi dengan Mendagri. Langsung berkomunikasi. Mendagri sudah tahu dan beliau ikut apa yang jadi keputusan KPU," ujar Fery sewaktu memantau pilkada di SMPN 11 Tangerang Selatan, Rabu (9/12/2015).

Diberitakan sebelumnya, KPU resmi menunda Pilkada Serentak di lima daerah. (Baca: PT TUN Buat Putusan Sela, Pilkada Manado Ditunda)

Kelima daerah tersebut adalah Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Simalungun, Kota Manado, dan Kota Pematangsiantar.

Penundaan dilakukan karena ada perubahan komposisi calon kepala daerah, menyusul putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN). (Baca: JR Saragih-Amran Batal Jadi Peserta Pilkada Simalungun)

PTTUN sudah menjatuhkan putusan yang menyatakan calon kepala daerah di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Fakfak dapat kembali mengikuti kembali Pilkada Serentak, setelah sebelumnya dibatalkan oleh KPU setempat.

Sedangkan, tiga daerah lainnya masih berupa putusan sela yang memerintahkan menunda keputusan KPU setempat tentang pembatalan calon di tiga daerah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah