KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Pemerintah Bakal Cabut Subsidi yang Disalurkan BUMN

Share this history on :
Menteri BUMN, Rini Soemarno mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (1/10/2015). Rapat membahas usulan Penyertaan Modal Negara (PMN) pada RAPBN 2016 dan Usulan Dividen TA 2016. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Rifan Financindo Berjangka - ‎Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, segala macam subsidi dari pemerintah yang disalurkan lewat BUMN bakal dicabut. Pencabutan subsidi bakal dilakukan secara bertahap.

Rini mengungkapkan, ‎pencabutan subsidi tersebut bertujuan agar BUMN bisa bersaing dengan perusahaan lain, khususnya swasta.

"Itu yang diutamakan. Karena itu yang paling utama BUMN nya harus dapat berkembang dan dapat diperbolehkan berkembang seperti korporasi-korporasi lain. Jangan terlalu ditarik juga kanan-kiri," kata Rini, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Rini menambahkan, saat ini Pemerintah sudah memulai mengurangi penyaluran subsidi memalui perusahaan BUMN COntohnya adalah pengurangan subsidi melalui PLN, yaikni subsidi listrik. Kemudian subsidi BBM yang dikurangi lewat BBM Pertamina.

‎"Subsidi tidak ada hubungannya dengan PMN. Kalau subsidi kan memang dikurangi, seperti PLN kita kurangi. 2015 saja subsidinya kita turunkan Rp 20 triliun sudah. BBM kan sudah diketahui turun sangat banyak, ke depan akan banyak lagi subsidi-subsidi yang dihilangkan," paparnya.

Rini melanjutkan, Perusahaan BUMN juga diusahakan tidak mengandalkan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun depan. Saat ini Per‎usahaan sedang didorong agar tidak mengandalkan PMN untuk menjalankan proyeknya.

"Enggak, kita sekarang sedang melihat mungkin kita tidak membutuhkan PMN," ujarnya.
Menurut Rini, kalaupun perusahaan tersebut mendapat PMN, akan digunakan untuk pembayaran pajak reevaluasi aset, bukan untuk menjalankan proyek.

"Ya kalau ada PMN mungkin sehubungan dengan revaluasi aset, sehubungan dengan pembayaran pajak untuk revaluasi aset. Mungkin itu kita akan PMN kan. Hanya itu saja," tutup Rini. (Pew/Zul)


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.