Emas & Perak Mengalami Sedikit Kenaikan


Rifan Financindo Berjangka - Emas mengalami sedikit kenaikan tehnikal pada awal minggu ini, setelah mengalami tekanan jual yang kuat belakangan ini yang mendorong harga-harga ke terendah dalam 5 ½ tahun. Namun demikian, kecenderungan bearish tetap solid baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Demikian juga dengan perak. Emas Comex bulan Februari terakhir naik $4.00 di $1,069.20 per ons. Perak Comex bulan Maret terakhir naik $0,089 di $14,175 per ons.

Purchasing Manager Index (PMI) resmi dari Cina turun ke terendah selama tiga tahun dari 49.8 di bulan Oktober menjadi 49.6 di bulan November. Sebelumnya diperkirakan sebesar 49.9. Angka dibawah 50.0 menunjukkan terjadi kontraksi. Data dari negeri dengan ekonomi nomor dua terbesar terus menunjukkan penurunan di dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini berarti bearish bagi sektor komoditas mentah, termasuk metal-metal berharga, karena Cina adalah importer “raw commodity” paling banyak di dunia.

Sementara itu, ada data ekonomi yang bagus muncul dari Eropa. PMI manufaktur zona euro dilaporkan berada pada 52.8 di bulan November dibandingkan dengan 52.3 di bulan Oktober. Sebelumnya diperkirakan sebesar 52.8. Tingkat pengangguran di zona euro turun ke hampir empat tahun terendah yang dilaporkan pada hari Selasa di 10.7 % di bulan Oktober dan 10.8 di bulan September. Tingkat pengangguran di zona euro adalah duakali dari level seperti itu di AS. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

Wall Street Anjlok Tersengat Memanasnya Ketegangan Rusia-Ukraina

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK