KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Dolar Melemah, Harga Emas Melonjak

Share this history on :
Ilustrasi Emas (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Rifan Financindo Berjangka - Jika bursa saham Amerika Serikat berjatuhan pasca European Central Bank (ECB) atau Bank Sentral Eropa mengeluarkan stimulus yang mengecewakan, lain halnya dengan harga emas. Logam mulia ini melonjak cukup tinggi pasca keputusan ECB.

Karena hal tersebut, mata uang euro menguat terhadap dolar, alhasil harga emas pun naik.
Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari naiik US$ 7,4 atau 0,7 persen menjadi US$ 1.061,2 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange.

ECB memangkas suku bunga dan memperpanjang program pembelian surat urang selama 6 bulan, mengecewakan investor yang telah menunggu langkah kebijakan itu.

Harga emas melonjak dipicu dari pergerakan kurs mata uang yang dipengaruhi oleh kebijakan tersebut. Pelemahan dolar diketahui menaikkan harga emas.

Mata uang euro perkasa melawan dolar, yaitu naik 3,4 persen menjadi US$ 1,097 per euro.
"Emas reli dari melemahnya dolar," kata Charles Nedoss, ahli strategi pasar senior dengan LaSalle Futures di Chicago dilansir dari laman Wall Street Journal, Jumat (4/12/2015).

Harga emas telah bergerak di tingkat terendah dalam hampir enam tahun pada antisipasi bahwa Federal Reserve akan segera menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2006. Sebuah langkah untuk tingkat yang lebih tinggi dipandang memukul harga emas, yang tidak membayar bunga dan akan berjuang untuk bersaing dengan aset yield seperti obligasi Treasury.

Tetapi pada hari Kamis, beberapa pedagang mendapatkan keuntungannya yakni dengan cara membeli emas di harga sebelum kenaikan dan bergeser ke sela-sela menjelang data pekerjaan AS dirilis.

"Ini mungkin akan menjadi laporan pekerjaan yang terdekat yang kami dalam beberapa waktu karena di mana kita berada dengan Fed," kata Bob Haberkorn, broker komoditas senior RJO Futures di Chicago.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.