KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Harga Minyak Kembali Terjatuh Karena Permintaan Melemah

Share this history on :
Pelabuhan minyak di Balhalf, Aden, Yaman. (BBC)
Rifan Financindo Berjangka - Harga minyak kembali melemah pada perdagangan Rabu (kamis pagi waktu Jakarta) karena pasokan yang berlebih di tengah permintaan yang belum tinggi.

Mengutip Reuters, Kamis (10/9/2015), harga minyak Brent turun 88 sen ke US$ 48,64 per barel setelah sebelumnya sempat menguat 4 persen.

Harga minyak mengalami penurunan di tengah kekhawatiran pelaku pasar akan persediaan yang terus membengkak karena produksi global yang sangat tinggi.

Pasokan minyak dunia juga diperkirakan akan bertambah besar karena embargi yang diberikan kepada Iran telah dibuka sehingga negara tersebut sudah memulai kembali produksi dan berencana untuk memasarkannya ke dunia.

Selain karena pasokan yang berlebih, penurunan harga minyak juga dipicu oleh kekhawatiran penurunan pertumbuhan ekonomi dunia terutama ekonomi China yang selama ini menjadi pendorong terbesar perekonomian dunia. Penurunan pertumbuhan China diperkirakan akan mengurangi permintaan.

"Kegagalan harga minyak untuk mencapai level yang lebih tinggi karena belum tingginya optimisme pelaku pasar akan keadaan ekonomi makro saat ini," jelas Analis Energi Citi Futures, Tim Evans.

Di Amerika, musim panas telah berakhir yang bisa diartikan musim mengemudi juga telah selesai. Biasanya, di saat musim panas warga Amerika melakukan perjalanan jauh.

Saat musim panas kemarin, permintaan akan bensin di negara tersebut cukup besar sehingga mendorong kenaikan harga minyak mentah. Dengan berakhirnya musim mengemudi dan pertumbuhan China belum tinggi kembali maka harga minyak diperkirakan sulit untuk beranjak naik.

Saat ini para pelaku pasar sedang menunggu data yang bakal dikeluarkan oleh Departemen Energi Amerika Serikat mengenai data cadangan.

Dalam laporan sebelumnya, Departemen Energi AS telah memangkas proyeksi pertumbuhan permintaan minyak dunia untuk tahun 2015 dan juga 2016. (Gdn/Ahm)

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.