KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Kaya Minyak Tapi Rusia Terancam Kehabisan BBM, Kok Bisa?

Share this history on :
Kaya Minyak Tapi Rusia Terancam Kehabisan BBM, Kok Bisa?
Rifan Financindo Berjangka - Rusia merupakan salah satu negara kaya minyak. Namun percaya atau tidak, negara ini terancam kekurangan pasokan bahan bakar minyak (BBM) alias bensin. Kok bisa?

Kepala perusahaan minyak terbesar Rusia, yaitu Rosneft memperingatkan, negara produsen minyak terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi ini bakal kekurangan bensin.

Igor Sechin, CEO dari Rosneft memprediksi, Rusia bakal kekurangan pasokan bensin hingga 5 juta ton per tahun pada 2017. Di 2014, Rusia memproduksi sekitar 38 juta ton bensin, menurut Kementerian Energi negara tersebut.

Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk aturan pajak baru, lemahnya kondisi perekonomian, dan sanksi dari Amerika Serikat (AS) serta sekutunya di Eropa Barat. Ini membuat bisnis kilang minyak tidak menguntungkan. Bahkan harga bensin di Rusia tinggi, meski harga minyak dunia sedang jatuh saat ini.

Dilansir dari CNN, Senin (10/8/2015), harga bensin di Rusia tercatat naik 6,3% sepanjang semester satu tahun ini.

Dalam suratnya ke Presiden Vladimir Putin yang dikutip media lokal, Sechin mengungkapkan perlunya mendorong bisnis kilang di dalam negeri.

Pada Januari tahun ini, ada aturan pajak baru yang membuat bisnis kilang tidak menguntungkan. Aturan pajak baru ini membuat ekspor minyak lebih murah, sementara bisnis kilang dinaikkan pajaknya.

Saat ini, harga minyak turun dari kisaran US$ 107 per barel di Juni 2014, menjadi US$ 44 per barel. Ini membuat ekonomi Rusia lesu, karena memang sangat bergantung kepada minyak. Bisnis kilang juga lesu karena sanksi Barat, yang membuat mereka tak bisa menggunakan teknologi dari luar negeri.
(dnl/dnl)

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.