IHSG Koreksi Tajam, Saham Kapitalisasi Besar Jadi Pilihan

(Liputan6.com/Miftahul Hayat)
Rifan Financindo Berjangka - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi masih melanjutkan pelemahan pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Hal itu seiring belum ada sentimen positif yang dapat mengangkat IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG terus menembus level support dengan menguji level 4.424. IHSG berpotensi menguat secara teknikal akan tetapi harus menyentuh level level 4.649 pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

"Target resistance yang perlu digapai berada di level 4.649 agar dapat mengembalikan kekuatan naik IHSG," kata William.

Sementara itu, Analis PT HD Capital Tbk Yuganur Widjanarko menilai aksi jual pelaku pasar akibat nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS dan aksi devaluasi Yuan mulai terlihat berlebihan sehingga IHSG masuk ke jenuh jual.

"IHSG akan bergerak di level support 4.445-4.370-4.290 dan resistance 4.705-4.775-4.825-4.925 pada perdagangan saham Kamis pekan ini," kata Yuganur.

Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada menuturkan IHSG memiliki utang gap di level 4.216-4.292 yang belum tertutup di awal Januari 2014 sehingga dapat menganggu peluang pembalikan arah naik IHSG. IHSG akan bergerak di level support 4.435-4.465.

Rekomendasi Saham
Dengan kondisi IHSG masuk jenuh jual, Yuganur merekomendasikan akumulasi di beberapa saham berkapitalisasi besar penggerak indeks untuk melanjutkan kenaikan berikutnya. Saham-saham pilihan itu antara lain PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Sedangkan Reza memilih saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS).

Rekomendasi Teknikal
Yuganur memilih saham PT Bank Mandiri Tbk untuk dicermati pelaku pasar. Ia menilai, koreksi cukup tajam di emiten bank BUMN ini akibat pelemahan rupiah dan efek regional dapat digunakan untuk kesempatan akumulasi antisipasi kenaikan kembali ke level harga Rp 9.250.

Yuganur merekomendasikan masuk di level pertama Rp 8.750, level kedua Rp 8.650, dan cut loss point Rp 8.450. "Rekomendasi beli dengan trading target Rp 9.250," kata Yuganur. (Ahm/Ndw)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

Wall Street Anjlok Tersengat Memanasnya Ketegangan Rusia-Ukraina

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK