KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

7 Langkah Amankan iPhone dari Hacker

Share this history on :
iPhone 6 vs iPhone 6 Plus (Foto: The Next Web)
Rifan Financindo Berjangka - Apple selalu mengatakan bahwa iPhone adalah perangkat yang aman. Namun, bukan berarti ancaman bagi para pengguna iPhone tidak muncul.

Apalagi sekarang ini, banyak pengguna iPhone yang menggunakan perangkatnya untuk menyimpan berbagai informasi pribadi. Maka dari itu, diperlukan langkah pengamanan untuk mencegah penyalahgunaan.

Berikut ini beberapa cara bagi para pengguna iPhone untuk mencegah perangkatnya diretas atau disalahgunakan.

Selalu kunci layar iPhone Anda untuk mencegah orang lain menggunakannya dan mengakses data-data pribadi. Masuk ke Setting lalu tab General dan "Touch ID & passcode lock".

Pilih untuk mengaktifkan PIN numerik atau menggunakan pemindaian sidik jari menggunakan Touch ID. Sebelum menggunakan PIN, harus diingat untuk menghindari kombinasi angka yang umum dan mudah ditebak, misalnya kombinasi 0000 atau 1234.

Jika masih ragu akan keamanan PIN, maka Anda dapat menggunakan passphrase. Untuk melakukannya, pilih menu Settings, kemudian "Touch ID & Passcode" dan matikan "Simple Passcode".

Mengutip laman Telegraph, Rabu (5/8/2015), dengan pilihan ini Anda dapat menciptakan kode password yang lebih panjang dan kompleks dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, bahkan simbol.

Pengalaman kehilangan iPhone memang sangat menjengkelkan. Apalagi, jika di dalamnya terdapat data-data pribadi yang rentan disalahgunakan. Dalam kondisi ini, menghapus seluruh data menjadi salah satu cara yang mungkin dilakukan.

Untuk melakukannya, di halaman yang sama dengan Settings, Anda bisa mengaktifkan `Erase data`, sehingga ketika orang lain salah memasukkan PIN setelah sepuluh kali, otomatis data akan dihapus.

Begitu juga jika pengenalan Touch ID gagal sampai tiga kali, maka akan kembali ke nomor PIN.

Banyaknya aplikasi yang terpasang di iPhone, terkadang membuat Anda tidak sadar bahwa beberapa aplikasi tersebut memiliki akses pada kamera, mikrofon, bahkan dapat melihat galeri foto.

Untuk itu, Anda dapat membatasi izin dari aplikasi tersebut mengakses informasi. Anda dapat menuju Settings, kemudian tab "privacy". Di bagian ini, Anda dapat melihat informasi apa saja yang diakses oleh aplikasi, kemudian bisa mematikan atau menyalakannya.

Kemampuan untuk melihat notifikasi di lock screen menjadi hal yang sangat membantu. Namun, hal tersebut dapat juga berbahaya, karena orang lain dapat melihat isi pesan yang masuk, kegiatan di kalender pada hari itu, serta informasi lainnya.

Oleh karena itu, dengan dimatikannya notifikasi dapat membatasi orang lain untuk tahu informasi mengenai Anda yang mungkin muncul di lock screen.

Siri dapat berjalan meskipun iPhone Anda dalam keadaan terkunci sama seperti notifikasi. Oleh karena itu, orang lain dapat menggunakannya untuk bertanya mengenai Anda sehingga dapat memunculkan informasi pribadi.

Untuk mematikannya, pilih menu Settings, kemudian "Touch ID & passcode" dan matikan "Allow access when locked" di Siri.

Fitur AutoFill memang membuat pekerjaan mengetik menjadi lebih mudah. Fitur ini akan otomatis mengisi kolom-kolom yang muncul di Safari berkaitan dengan nama, username, password, bahkan detail kartu kredit.

Namun, ketika iPhone Anda digunakan oleh orang lain, maka hal ini bisa sangat berbahaya. Fitur ini dapat dimatikan dengan cara men-tab Settings, kemudian pilih General dan "Passwords & AutoFill".

(dam/isk)

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.