72 Jam Perpanjangan Waktu Bagi Yunani


Rifan Financindo Berjangka - Yunani masih harus melakukan banyak hal bagi pengembalian kepercayaan 18 negara zona euro lainnya untuk memperoleh bantuan dana bagi penyelamatan krisis ekonomi negaranya. Para Pemimpin Uni Eropa pada hari Minggu (12/07) memberi pilihan kepada Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras : mengubah prinsip-prinsipnya atau keluar dari zona euro.

Para pemimpin Eropa memberi batas waktu 72 jam atau tiga hari untuk memberlakukan tuntutan utama mereka ke dalam undang-undang Yunani untuk memperoleh bailout ketiga dalam lima tahun. Tuntutan utama adalah reformasi dan perhitungan pajak, termasuk pajak penjualan yang dikenakan 23 %. Jika undang-undang ini disahkan, maka zona euro setuju untuk memberikan bantuan dana dan memulai negosiasi untuk bailout ketiga.

Pemerintah Yunani akan maju lagi ke parlemen pada 15 Juli 2015, untuk upaya meloloskan undang-undang seperti yang disyaratkan oleh para pemimpin Eropa yaitu untuk menaikkan pajak penjualan, memotong pensiun, mengubah kode kebangkrutan, menjaga independensi kantor statistik dan membuat pemotongan belanja otomatis jika anggaran meleset dari target.

Kondisi ini tentu tidak mudah bagi Yunani. Dengan kondisi kehabisan uang tunai dan bank yang ditutup dua minggu terakhir, Yunani harus memanfaatkan 72 jam waktu baginya atau hilang kesempatan untuk tetap berada di zona euro. Beberapa kesempatan sudah terlewatkan oleh Yunani. Setelah gagal membayar utang kepada Dana Moneter Internasional 30 Jun, Yunani mengajukan referendum bagi rkyatnya dan 61% rakyat menolak paket penghematan bagi bailout negaranya.

Yunani sendiri masih harus membayar utang ke Bank Sentral Eropa sebesar € 3.5 miliar pada 20 Juli dan para kreditur Internasional masih mencari mekanisme untuk mencegah default utang Yunani, menurut seorang pejabat dari Komisi Eropa.

Euro merosot 0,6% pada pembukaan perdagangan Asia, pada $ 1,1107 pada 05:08 di Sydney. Mata uang Euro sempat naik 0,4 % pekan lalu karena harapan kesepakatan untuk penyelesaian utang Yunani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah