KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

72 Jam Perpanjangan Waktu Bagi Yunani

Share this history on :

Rifan Financindo Berjangka - Yunani masih harus melakukan banyak hal bagi pengembalian kepercayaan 18 negara zona euro lainnya untuk memperoleh bantuan dana bagi penyelamatan krisis ekonomi negaranya. Para Pemimpin Uni Eropa pada hari Minggu (12/07) memberi pilihan kepada Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras : mengubah prinsip-prinsipnya atau keluar dari zona euro.

Para pemimpin Eropa memberi batas waktu 72 jam atau tiga hari untuk memberlakukan tuntutan utama mereka ke dalam undang-undang Yunani untuk memperoleh bailout ketiga dalam lima tahun. Tuntutan utama adalah reformasi dan perhitungan pajak, termasuk pajak penjualan yang dikenakan 23 %. Jika undang-undang ini disahkan, maka zona euro setuju untuk memberikan bantuan dana dan memulai negosiasi untuk bailout ketiga.

Pemerintah Yunani akan maju lagi ke parlemen pada 15 Juli 2015, untuk upaya meloloskan undang-undang seperti yang disyaratkan oleh para pemimpin Eropa yaitu untuk menaikkan pajak penjualan, memotong pensiun, mengubah kode kebangkrutan, menjaga independensi kantor statistik dan membuat pemotongan belanja otomatis jika anggaran meleset dari target.

Kondisi ini tentu tidak mudah bagi Yunani. Dengan kondisi kehabisan uang tunai dan bank yang ditutup dua minggu terakhir, Yunani harus memanfaatkan 72 jam waktu baginya atau hilang kesempatan untuk tetap berada di zona euro. Beberapa kesempatan sudah terlewatkan oleh Yunani. Setelah gagal membayar utang kepada Dana Moneter Internasional 30 Jun, Yunani mengajukan referendum bagi rkyatnya dan 61% rakyat menolak paket penghematan bagi bailout negaranya.

Yunani sendiri masih harus membayar utang ke Bank Sentral Eropa sebesar € 3.5 miliar pada 20 Juli dan para kreditur Internasional masih mencari mekanisme untuk mencegah default utang Yunani, menurut seorang pejabat dari Komisi Eropa.

Euro merosot 0,6% pada pembukaan perdagangan Asia, pada $ 1,1107 pada 05:08 di Sydney. Mata uang Euro sempat naik 0,4 % pekan lalu karena harapan kesepakatan untuk penyelesaian utang Yunani.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.