Kurma Berkhasiat Meningkatkan Kesehatan Otak

Share this history on :
Kurma, kismis, kacang dan air zamzam merupakan jajanan yang paling laris diminati masyarakat untuk oleh-oleh usai menunaikan ibadah ke tanah suci, (2/10/14). (Liputan6.Com/Faizal Fanani)
Rifan Financindo Berjangka - Ramadan sudah di depan mata. Rasanya kurang lengkap bila tak mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan. Nutrisi yang lengkap ditambah kandungan gula yang aman bagi diabetesi, membuat siapapun menyukainya.

Di balik kandungan gizinya, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti dikutip Realbuzz, Selasa (16/6/2015) berikut ini:

1. Menyehatkan pencernaan
Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat. Jadi, wajar bila makanan ini tinggi serat dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan selama puasa. Kurma juga mengandung kalium, magnesium dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. 

2. Meningkatkan kesehatan otak
Kekuatan otak selama puasa memang agak melemah jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang tepat selama sahur. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan, ada cara mudah untuk mengembalikan fokus selama puasa, yakni makan kurma. Ya, hasil penelitian menunjukkan, kurma dapat meningkatkan fungsi otak termasuk membantu menurunkan jumlah hormon kortisol (hormon stres).

3. Menurunkan kolesterol
Tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan, orang yang puasa dengan mengonsumsi kurma selama Ramadan mengalami pengurangan kolesterol dalam darah. Dengan begitu, peneliti menyimpulkan, puasa dan kurma dapat menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung. 

4. Detoksifikasi
Dengan tidak makan atau minum sepanjang hari saja, tubuh secara otomatis akan mendetoksifikasi sistem pencernaan. Apalagi bila Anda mengonsumsi buah kurma. Kandungan tinggi karbohidrat dan fruktosa yang mudah dipecah menjadi energi membuat tubuh Anda lebih sehat selama puasa. Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink.

5. Menyerap lebih banyak nutrisi
Saat puasa, tubuh akan mengalami peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang memungkinkan otot-otot Anda untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Dengan mengonsumsi kurma, Anda akan mendapatkan nutrisi lengkap juga.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.