KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Krisis Utang Yunani Bikin Wall Street Tertekan

Share this history on :
Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup melemah pada Selasa (Rabu pagi).
Rifan Financindo Berjangka - Bursa saham Amerika Serikat (AS) melemah di awal pekan perdagangan saham seiring kekhawatiran investor terhadap risiko kemungkinan gagal bayar utang oleh Yunani.
Akan tetapi kesepakatan aksi korporasi di sektor saham perawatan kesehatan telah memangkas pelemahan indeks saham acuan.

Sejak awal perdagangan, indeks saham telah dibuka melemah tajam merespons terhadap perkembangan Yunani. Pemerintah Yunani melakukan pembicaraan dengan kreditor sejak akhir pekan lalu. Yunani memiliki waktu dua minggu untuk menghadapi pembayaran utang 1,6 miliar euro kepada Dana Internasional Moneter/IMF. 

"Pasar bergerak dengan kemungkinan Yunani gagal bayar. Ini permulaan yang buruk. Kita tidak benar-benar tahu apa dampak yang terjadi karena tidak pernah punya sistem seperti mata uang Euro. Jadi ini dapat membuat pelaku pasar berhati-hati," ujar Paul Mendelsohn, Kepala Riset Windham Financial Services, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Selasa (16/6/2015).

Indeks saham Dow Jones pun turun 107,67 poin (0,6 persen) ke level 17.791,17. Indeks saham S&P 500 susut 9,68 poin (0,46 persen) ke 2.084,42. Sedangkan indeks saham Nasdaq tergelincir 21,13 poin (0,42 persen) ke level 5.029,97.

Akan tetapi, pelemahan indeks saham menjadi terbatas setelah ada kesepakatan perusahaan di sektor kesehatan. Saham Cigna melonjak 19,4 persen ke rekor tertinggi US$ 164 setelah Cigna dilaporkan menolah tawaran pengambilalihan dari saingan Anthem Inc sekitar US$ 45 miliar. Saham Cigna pun ditutup naik 11,7 persen menjadi US$ 153,43.

Selain itu, saham UnitedHealth pun menguat 1,1 persen menjadi US$ 118,98 dan saham Aetna menguat 4,4 persen ke level US$ 121,01. Perusahaan tersebut sempat jadi target Cigna.

"Ini adalah indikasi lain dari semakin pentingnya pengaruh negosiasi yang lebih baik di pasar perawatan kesehatan," ujar Peter Tuz, Direktutr Utama Chase Investment Counsel.

Ia menambahkan, perusahaan asuransi kini pun berniat menggabungkan kekuatan lebih besar untuk rumah sakit dan perusahaan farmasi.

Ada juga kesepakatan operator apoteker CVS Health Corp dengan membeli farmasi dan klinik Target. Kesepakatan senilai US$ 1,9 miliar itu membantu penawaran CVS dengan produsen obat untuk harga lebih rendah. Saham CVS pun naik tipis 0,4 persen menjadi US$ 102,58 sedangkan Target naik 1,2 persen menjadi US$ 80,45.

Volume perdagangan saham tercatat sekitar 5,84 miliar saham di bursa AS. Angka ini di bawah rata-rata harian saham sekitar 5,98 miliar saham. (Ahm/)

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.