Pasar Emas Dunia

1. Loco London Gold Market
Di London, emas dan perak diperdagangkan oleh anggota-anggota London Bullion Market Association (LBMA), diawasi oleh Bank of England. Sebagian besar anggota-anggotanya adalah bank-bank internasional
atau bullion dealer dan sejumlah refiner raksasa.

Perdagangan emas di pasar London memiliki sejarah panjang selama 3 abad, dan Gold Fixing (penetapan harga emas) hanya dibentuk setelah Perang Dunia I pada tahun 1919. Sistem Fixing ini berasal dari pasar perak London dan suatu konsep bagi investor seluruh dunia untuk melakukan beli dan jual emas pada single quoted price.

The Fixing secara harian dilakukan 2 kali yakni pada pukul 10:30 am (16:30 wib) dan 15:00 pm (21:00 wib) di London dengan melibatkan 5 Anggota Fixing sebagai berikut:
- Scotia-Mocatta, suksesor Mocatta & Goldsmid dan menjadi bagian Bank of Scotia
- Barclays Capital, menggantikan N. M. Rothschild & Sons Limited
- Deutsche Bank, owner Sharps Pixley
- HSBC, owner Samuel Montagu & Co.
- Société Générale, menggantikan Johnson Matthey dan CSFB (Credit Suisse First Boston)

2. Pasar Emas Amerika
Di tahun 1975, America NewYork Commodity Exchange COMEX memulai perdagangan forward emas, menjadi sentral perdagangan forward emas dunia. Kini, pasar berjangka emas New York menggantikan status pasar di London dalam mengatur harga emas dunia. Alasan mengapa hal ini terjadi? Karena pasar New York memiliki keuntungan di dalam metode transaksi, aggregate supply, marked price dan waktu transaksi.

3. Pasar Emas Hong Kong
Pasar emas di Hong Kong dikenal juga sebagai pasar emas Loco (Local) London. Kini market mempunyai sekitar 70 partisipan yang bertransaksi aktif, sebagian besar bank, perusahaan investasi dan pedagang emas lokal untuk hedge terhadap posisi-posisi mereka di pasar berjangka. Pasar emas Loco London ini dikuotasikan dalam US dollar per troy ounce emas murni 99,99% dan dengan penyerahan di London.

Chinese Gold and Silver Exchange Society mengoperasikan salah satu pasar emas terbesar di dunia. Emas yang diperdagangkan melalui lembaga ini memiliki kemurnian 99%, satuan berat dengan tael dan dikuotasikan dalam dolar Hong Kong. Harganya hampir mengikuti pasar emas besar lainnya di London, Zurich dan New York. Turnover di dalam bursa sebanyak 4,3 juta tael di 2001.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah